Teknik Komputer, dan Jaringan

Manajemen Peralatan Jaringan : Routing Loop

No comments



  Routing Loop merupakan salah satu masalah besar yang muncul dalam jaringan komputer, terutama pada protocol routing dinamis Distance Vector. Hal ini terjadi ketika sistem mejadi lambat saat converge sehingga tabel routing menjadi tidak bekerja secara optimal, akibatnya banyak paket data yang teruskan tetapi salah arah dan tidak dapat dihentikan.
Sistem dikatakan converge ketika sekumpulan peralatan jaringan memiliki kesamaan dalam kinerja sehingga dapat bertukar informasi dengan protokol routing dinamis, jika pertukaran informasi untuk tabel routing mengalami permasalahan, artinya tidak saling mengenal dan sistem menjadi lambat.
Ketika sebuah paket data mengalami routing loop, maka putaran atau pengalihan dengan mempertimbangkan seberapa banyak router yang harus dilewati (hop) akan menimbulkan permasalahan jika kita menggunakan protocol routing dinamis RIP, karena RIP hanya mengijinkan jumlah maksimum hop -nya 16. Oleh sebab itu agar tidak melewati ambang batas hop, maka paket data harus dibuang atau dengan mengubah hop ke 16 menjadi hop 1, disinilah split horizon dibutuhkan

No comments :

Post a Comment

BERIKAN KOMENTAR ANDA AGAR KAMI BISA MEMPERBAIK KESALAHAN KAMI